Selamat datang di www.bilikbersenyawa.com, ikuti juga sub platform kami yang lain, Klik Link

SENI RUPA DRAWING: GARIS-GARIS SERIBU SUNGAI

BILIKBERSENYAWA.COM - Pagelaran seni rupa "Indonesia Menggambar" pada 14 Mei 2022 kemarin, ialah suatu bukti nyata dari kawan-kawan Sanggar Seni Rupa Solihin - Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, dalam rangka menggaungkan seni rupa kepada masyarakat kota Banjarmasin dan sekitarnya. Sanggar Seni Rupa Solihin juga mencoba mengajak kawan-kawan untuk mengenalkan apa itu seni rupa, kepada kawan-kawan yang memang awam serta ingin mempelajari lebih tentang kesenian ini lebih dalam.
Mungkin ada sedikit pertanyaan kecil dalam benak kalian, soal "Indonesia Menggambar" itu apa? Berawal dari inisiasi kawan-kawan seni di kota DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), yang selalu rutin mengadakan setiap tahunnya ada bulan menggambar yang jatuh pada bulan Mei kemarin, serta dilaksanakan serempak disetiap kota masing-masing.
Badri Hurmansyah selaku kurator pada Indonesia Menggambar, mengaku senang bisa mewadahi kawan-kawan pelaku seni yang mengirimkan karya-karya mereka ke event seni rupa drawing: garis-garis seribu sungai, dalam proses exhibition Badri Hurmansyah banyak melihat potensi-potensi dari kawan-kawan yang bisa digali lebih dalam lag mengenai kesenian drawing. Nah mungkin lo pada masih bingung apa itu kesenian drawing dan kesenian painting, jadi kesenian drawing itu lebih ngefokusin ke media kering dan buat painting sendiri itu lebih condong ke media basah. Menurut gue sendiri sih udah bisa ditarik kesimpulan kalo drawing dan painting itu jauh banget bedanya, mungkin buat lo yang pengen ngecoba soal dunia seni rupa emang harus banget belajar soal dasar-dasarnya dulu, biar waktu lo ngejelasin ke orang lain itu lebih dapet gitu hehe.
Bukan suatu alasan kenapa Bengkel Lukis Solihin, Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi opsi pertama dalam pagelaran ini. Dinilai layak dan pantas untuk mengadakan, karena lightingnya yang mempuni dalam sorotan bayang lukisannya. Serta jika kawan-kawan tertarik untuk mengadakan pameran lukis, bisa juga memasukannya ke Bengkel Lukis Solihin", ucap Badri Hurmansyah.
Diadakan pada 14-22 Mei 2022 kemarin, menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk kawan-kawan Sanggar Seni Rupa Solihin, dalam memberikan suguhan lukisan yang catchy dan deep mind. Serta bisa sedikit merefleksikan soal keseni rupaan untuk kawan-kawan yang baru mengenal lukisan drawing.
Selain pameran lukisan, ada juga diskusi interaktif juga dari Bapak Misbach Tamrin selaku senior di bidang seni rupa dan Bapak Hajriansyah selaku ketua dewan kesenian kota Banjarmasin, serta tidak terlupakan juga sang kurator kita Mas Badri Hurmansyah, dan kawan-kawan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Selamat untuk Sanggar Seni Rupa Solihin dalam pameran seni rupanya, semoga kedepannya bisa lebih banyak event yang mengedukasi seperti ini.
--------------------
Author    : Rifky Gap
Editor     : Rifky Gap
Photo     : Rifky Gap