Sunday, September 1, 2019

RIVERCITY FAMZ : SUNDUL HIP-HOP BANJARMASIN KE DALAM TIGA BAHASA



     Dua hari menjelang hari Dirgahayu kemerdekaan Ibu Bumi Pertiwi kita Indonesia yang ke-74, buku roman Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer telah mencapai puncak perfilman Indonesia, semarak kemerdekaan Indonesia hampir tak pernah luput menghiasi pelataran rumah dengan bendera merah putih diseluruh pelosok negeri ini, spanduk-spanduk wajah para petinggi daerah bermunculan dengan quote ihwal merdeka kendati kata “merdeka” sendiri masih memiliki arti lain bagi setiap orang yang merasa masih banyak hal yang belum bisa merdeka di Negeri ini, tapi jangan sampai kamu bilang Indonesia ini belum merdeka jika makan sampai berak pun masih dari dan di tanah ini haha

    Bertepatan dengan hari jadi kemerdekaan Indonesia, Grup Hip-hop banua: Rivercity Famz telah merdeka dengan cara mereka sendiri, telah merdeka juga kebebasan berpendapat sekaligus berkarya yang dituangkan dalam sebuah karya seni musik, terbukti dengan rilisnya music video mereka yang berjudul “Next Generation” ini sudah menunjukkan  kebebasan mereka dalam berkesenian, 17 Agustus 2019 menjadi tanggal launching music video perdana mereka yang di rayakan bersamaan dengan acara “Borneo Clan Independance Rappublic “ di Gudang Kopi Hages.
Menariknya,sejak terbentuk tahun 2008 dengan ditandainya rilisnya album kompilasi rap Banjarmasin dan music video dari anthemnya, Rivercity Famz dalam Next Generationnya membawakan tiga bahasa sekaligus yakni bahasa Indonesia, Inggris dan tentunya bahasa daerah kebanggaan kita bahasa Banjar. Dan hingga tulisan ini dibuat music video mereka di kanal You Tube telah melirik 3,9 ribu pasang mata, semoga bisa mencapai jutaan lagi. Mari kita Aminkan!

    Di awal video Kidd lost bak ujung tombak yang tajam dengan lirik yang menohok pendengarnya “Coba dengar mari sini, nada keras Rivercity”  bahwasanya anak Kalimantan pun juga bisa unjuk gigi seperti kaum muda lainnya, lalu disambung Ohmygab yang dirasa pas untuk membawakan lirik berbahasa Inggris ini, tak mau melupakan tanah kelahiran mereka,  Raintwenty yang membawa kearifkan lokal Kalimantan ke dalam lirik sehingga membuat music rap ini menjadikan Mind-blowing bagi pendengarnya.

“BERI AKU RIVERCITY FAMZ, MAKA AKAN AKU GUNCANGKAN DUNIA”

Interview oleh : Muhammad Fajar

Rivercity Famz, bisa ceritakan awal mula grup hip-hop ini dibuat ?
      
     Bukan grup hip-hop, tapi bentuk nya famz haha, dan sejarah awal mula famz ini dibuat itu secara detail nya menurutku bukan dari kami (orang-orang di video clip kemaren) yang berhak menjawab karena bukan kami yang membuatnya, kami hanya generasi penerus (entah sudah generasi ke berapa). Tapi setahuku River City Famz itu sub nya Borneo Clan. Borneo Clan berarti mencakup seluruh Kalimantan, River City Famz dibuat khusus untuk anggota yang berdomisili di Kalimantan Selatan tepatnya sekitaran Banjarmasin. Kalo dari Kalimantan Timur tepatnya balikpapan itu ada Behind Da Board / BDB (shout out!).

Awal kenal Hip-hop kapan ?

     Andi : Kalau aku pribadi cerita awal nya itu sekitar tahun 2012-2013-an. Heri a.k.a Al-Faqir (Swanang Crew) dia bawa Hip-Hop ke kampung caelah bahasa nya haha dia bagi lagu-lagu Hip-hop/rap ke teman setongkrongan saya di kampung Ega namanya, terus Ega bagi ke saya, sejak saat itu lah mulai kenal Hip-hop  atau rap lah khusus nya.

   Ronald : Dulu gak tau lagu-lagu rap karena di keluarga mamah sendiri penyanyi gereja papah keyboardnya, tiap hari dengar lagu-lagu rohani di rumah, nah jaman SMA kelas 1 ada teman namanya Chrismon dengerin lagu Bondan Prakoso & Fade 2 Black judulnya Bunga, nah aku langsung tertarik kok dia nyanyin kaya pantun gitu,langsung di jelaskan temen ku klo itu namanya nge-rap nah habis dari kejadian itu mulai kewarnet cari-cari dan dengar lagu-lagu rap

Boleh sebutkan siapa saja anggota Rivercity Famz yang termasuk dalam video klip kalian ini ?    
Ada Ronald a.k.a Kiddlost, Farhan a.k.a Fair Hand, Gaby a.k.a Oh My Gab, Imam a.k.a Kiddnasty, Aziz a.k.a Raintwenty8 a.k.a MC Kidding, Andi a.k.a ILL ACHMED, Mukhlis a.k.a Muclles, Teguh a.k.a Mattcoast.


Dari aspek lirik, kalian menggunakan tiga bahasa berbeda, kenapa ?
    
     Tidak ada alasan apa-apa sih sebelumnya.. karena masing-masing kami memang punya warna yang berbeda-beda, jadi bawa karakter masing-masing aja. Ronal, Farhan, Imam, Andi yang sok lirikal dan Muclles yang sok asik jadi bawa bahasa Indonesia, Aziz dengan kearifan lokal nya bawa bahasa Banjar, dan Gaby yang sok inggris hahaha. Natural aja sih.. tidak ada pengotakan disini harus pakai bahasa apa, kalo ada yang bisa bahasa Belanda mungkin ada bahasa Belanda nya juga itu

" Seribu hujatan yang menghujam kami takkan pernah padam " bisa ceritakan pengalaman kalian pernah mendapatkan hujatan seperti apa ? Dan bagaimana tanggapan kalian ?

    Belum pernah dihujat sebenarnya hahaha, cuma kalo seandainya ada yang menghujat ya kami takkan padam gitu aja sih. Dan tanggapan kami kalo ada yang seperti itu kami punya prinsip "biarlah orang jahat kepada kita, kita jangan pernah jahat ke orang lain". Kami lebih menginginkan fokus bekarya untuk jadi lebih baik, karena pendapat pendapat orang tidak pengaruh ke pendapatan

Oke, tapi setuju tidak kalau di kritik tapi untuk membangun ?

    Sangat setuju dong, kami  terima segala bentuk kritikan dari yang membangun hingga yang paling merobohkan hahaha

Kalau menurut kalian pendengar Rivercity Famz,  itu siapa aja ?

    Untuk sekarang seperti nya sekitaran Hip-hop heads dan masyarakat Banjarmasin lah, Kalau soal pendengar mengingat isi rapper di Rivercity itu sendiri berbeda beda karakter dan dari kalangan yang berbeda beda dan sajian musik yang berbeda juga jadi kemungkinan besar nya pendengar nya pun pasti dari kalangan yang berbeda beda.
Kalo target pendengar sih kami cuman nargetin seputaran Kalimantan tapi beruntung nya kemarin ada juga beberapa orang diluar Kalimantan juga yang dengerin dan comment via Youtube yang entah berasal darimana nya kami belum menganalisa lebih dalam.

Kalau distribusi musik kalian gimana ?

    Untuk video clip kemaren kami bikin screening launching video nya di acara Borneo Clan (Independance Rappublic 17 Agustus 2019), Upload di youtube terus promosi di sosmed. Kalau untuk musik kedepan nya kami bercita-cita membuat album dan rilis fisik (Amiin) haha

Apa yang ingin kalian sampaikan lewat lagu ini ?

    Garis merah nya itu sesuai judul nya "Next Generation", kami ingin menjadi penyambung generasi nya River City Famz.

Siapa rapper yang menginspirasi kalian dalam mengolah musik ? 

Ronal : Keilanboi, J. Cole, Kay Oscar, Jake Hope

Farhan : Busta Rhyme

Gaby: Travis Scottt, A$ap Rocky, Machine Gun Kelly, Eminem, Logic, A.Nayaka, Gbrand, The Game

Imam: Laze, Joe Million, Joey Badass, Denzel Curry

Aziz : Eizy, Laze, Rich Brian, Kota The Friend, 21Savage, Russ

Andi : Heavy Metal Kings, A$ap Mob, Beast Coast, City Morgue

Muclles : Laze, Joe Million, Nartook, Wiz Khalifa, Rich Brian, Higher Brother
 
Teguh : Scarlxrd, Zillakami, 7xvngod

Terakhir, adakah pesan untuk pembaca Bilik Bersenyawa ?

Gaby : Tetap dukung terus musisi lokal mwah

Andi : Terimakasih.. support terus pergerakan lokal, hobi kalian keren!

Mucless : Keep support your local scene bukan support support an lewat insta story dan jgn lupa 
senyum ramah

.

Penulia
Muhammad Fajar