Friday, November 13, 2020

YARD STREET MARKET (YSM) BUKAN HANYA SEKEDAR GELAR LAPAK

 


Untuk kalian yang belum tau apa itu YSM, ini adalah event pakaian yang diusung anak-anak muda Banjarmasin. YSM yang di selenggarakan pada 6 - 7 November lalu di Coffee the Cups, beralamat di kampung Melayu Banjarmasin, event ini merupakan kali ke dua dilaksanakannya nih. Serupa dengan acara sebelumnya, masih membawa dengan konsep dasar yang sama dimana event ini diisi sama brand-brand lokal. Yang bikin acara ini beda dari sebelumnya, gak cuma jualan mereka juga mencoba ngerangkul beberapa komunitas yang ada di Banjarmasin buat ikut serta dalam event ini.



















Acara jadi lebih menarik karena diisi dengan talkshow menarik yang membahas beberapa hal. Gak tanggung-tanggung mereka bahkan mengundang salah satu founder brand besar Thanksinsomnia Mohan Hazian. Disitu Mohan sharing dengan pengunjung dan bahkan panitia penyelenggara yang notabenenya juga owner dari masing-masing brand lokal yang ada juga excited banget untuk ngedengerin talkshow yang berlangsung.




Berawal dari keresahan bersama anak-anak penggiat industri kreatif ini merasa kalau perlu adanya wadah buat brand-brand lokal baik yang besar atau yang baru berdiri untuk dapat atensi dari masyarakat luas, khususnya di Banjarmasin. Acara ini pun tercetus tak lain juga karena mereka merasa bahwa dimasa yang lagi gak baik baik aja ini perlu kerjasama untuk saling support satu sama lain. Ketika tim bilik tanya "Berarti gak main sikut-sikutan dong buat cari pasar". " Bersaing tetap, itu tergantung strategi marketing masing-masing  cuman kita menyediakan acara lokal buat masing-masing brand supaya bisa berekspresi melalui acara ini" sahut Zikri salah satu panitia penyelenggara yang juga owner dari salah satu brand yang ada di event YSM.

Beberapa harapan juga disampaikan Zikri tentang kegiatan ini salah satunya nih juga harapan semua penggerak industri kreatif, harapannya yakni mudah-mudahan dengan diadakannya event ini orang-orang di Banjarmasin bisa lebih tau kalau di daerahnya juga punya brand-brand baju yang kualitasnya gak kalah sama brand terkenal.







Tim Bilik juga dapet kesempatan wawancara eksklusif sama Mohan sang guest star di event kali ini. Ketika di tanya soal pendapat dari YSM itu sendiri “gimana nih bang acara yang YSM yang di adain anak-anak nih”. “Keren sih ni acara ya, kalo dari kacamata gua yang ikut event yang lebih gede sih buat bisa bikin acara kaya gini udah cukup keren sih menurut gua mereka bisa nyulap tempat yang kaya gini jadi tempat yang bener-bener proper yaa kerenlah”. Jawab mohan. Ada juga nih kata-kata dari Mohan yang tim bilik suka banget. Waktu ditanya “brand kecil brand lokal punya kesempatan yang sama gak sih bang?”. Mohan dengan cepet ngejawab “punya dong karena brand besar juga awalnya dari brand kecil, yang penting sih lu bisa komitmen, ya yang jelas jujur sama karya”.




Author : Bagus

Foto : Bayu