Wednesday, September 16, 2020

YOUR FAVORIT LOCAL'S RAPPER



 Tahun 2004, adalah awal pergerakan HipHop movement secara massive di banua. Pasalnya, Borneo Clan memulai pergerakannya di tahun itu, dengan menggabungkan elemen-elemen Hiphop seperti B-boy, grafiti, Beatbox, dan pastinya Rap.


Seiring waktu berjalan, genre di Hiphop sekarang pun semakin beragam. Rapper-rapper baru yang produktif semakin banyak, tapi rapper lama pun masih konsisten mengeluarkan karya-karya terbaiknya. Berikut Rapper-rapper pilihan kita genkz, cekdizaut!


1.Ohmygab



Kalau di tahun kemarin ada yang masih inget ada rapper yang sempat kolaborasi bareng Pee Wee Gaskins di acara Soundsations kemarin, yap Gabriel a.k.a Ohmygab orangnya. Doih berkolaborasi dengan PWG di lagu “Dan”, karya Sheila on 7. Salah 1 anggota dari Rivercity Famz ini juga sudah rilis 2 lagu di platform digital yang bisa kita nikmatin sekarang.



2.Sa’Garis



Mungkin sudah tak terhitung banyaknya karya dari Sa’Garis, karna doih sudah terjun ke HipHop movement tahun 2000an. Salah 1 dedengkot Borneo Clan ini juga punya usaha Home Studio, yang mana studio recordingnya sering dipakai rapper lain. Karya Mixtape terakhirnya bertitle “Mahar”, rilis saat moment Record Store Day Banjarmasin tahun kemarin genkz. Yang mau beli, boleh kontak doih langsung yaw.


3.Local Junk



Zaky a.k.a Local Junk, adalah rapper dari Banjarbaru yang bisa dibilang cukup baru di industri musik lokal, tapi sudah cukup dikenal di movementnya. Selain lagunya sendiri, Local Junk juga sempat berkolaborasi dengan rapper lainnya, di lagu “Can’t Make It Right”, di Spotify. Rekomen nih lagu genkz yang pengen nge-chill, coba deh dengerin.


4.Zen RK



Dalam list rapper kali ini, Zen Rookie lah rapper paling muda diantara yang lain. Walau begitu, salah 1 anggota dari Wasaka ini, sudah banyak & bisa didengarkan di channel youtube nya. Kabar yang terbaru, Zen Rookie baru saja merilis lagu beserta videoclipnya, featuring bersama Fairhand, yang juga salah satu personil Wasaka.


5.Napaled



Selain Sa’Garis, Napaled atau sering dipanggil Black ini juga salah 1 pendiri dari Borneo Clan. Black konsisten membuat karya yg menyuarakan tentang isu sosial dan politik yang sedang terjadi. Bulan lalu, Black merilis beberapa karyanya lewat video lirik di kanal youtube pribadinya. Lezgow check genkz!


6.Ferdinan Fadel



Rapper asal Banjarbaru yang mempersiapkan EP albumnya tahun ini sudah punya 2 lagu yang sudah dinikmati di Spotify. Doih juga bikin movement Hiphop bernama Mondaydrew bersama kawan-kawan Rapper lain, yang sempat beberapa kali mengadakan gigs.


7.Muclles



“Mantap betul, mantul mantul mantap betul”, selalu hiasi tiap kali gigs lokal, setiap kali Muclles membawakan lagu andalannya “Mantul.” Rapper yang juga salah 1 member dari Rivercity Famz ini juga akan merilis videoclip terbarunya dalam waktu dekat yang berjudul “Wah Kacaw”. Tungguin ya genkz


8.Deemust



“Back from the Dead” menjadi album pembuktian konsistensi Deemust di skena musik lokal. Album yang berisi 8 lagu ini sudah bisa kalian nikmati di platform-platform digital. 

Deemust juga salah 1 anggota dari group musik HipHop, Wasaka.


Itu tadi review tipis dari rapper-rapper yang kita rekomendasikan. Dengerin lagu-lagu mereka, kalau sudah, yang mana yang jadi favorit kalian genkz? Tetap support local rapper dan pergerakan musik lokal lain ya genkz! Ketemu di Your Favorit Local Rapper berikutnya.