Thursday, July 16, 2020

FIS DUO - RAJUT RINDU : BANGKITKAN MUSIK AMBON ERA HAWAIIAN


“Krimunade amplats kapuye madame"
Rajut rindu merupakan satu lagu yang ada pada album merawat dendam. 
Lagu ini ditulis oleh Ferdy Soukotta (IG: kekasih_kota) dan dikerjakan bersama dengan rico matahelumual (@riico_mata) Zifyon Pattinama (@zifyonjhoma033), Yabes Aunalal (@_03yabez) dan kekasihnya Chrisema Latuheru (@is_latuheru).

Fis Duo, adalah band Pop Etnik berasal dari Maluku. Bagi mereka, bermusik sebagai senjata untuk berjuang, menjaga keyakinan, & merawat rumah. Mereka berusaha menceritakan pengalamannya menjajakan ingatan pada musik-musik Ambon pada era Hawaiian, yang pekat akan tema perpisahan dan rindu.



Lagu ini juga mengembalikan kenangan mereka akan lantai dansa era Hawaiian, gerakan dansa katreji yang begitu lekat serentak mengajak kita untuk berdendang. Beginilah bentuk lagu party anak muda Ambon di era hawaiian dan untungnya masih dijaga sampai saat ini.
Jika dilihat dari liriknya, lagu ini bercerita tentang pengalaman perpisahan tahun 80’an saat dimana rindu tak pernah mati begitu pula dengan jarak. Banyak yang pergi merantau ke daerah di Pulau Jawa atau Jakarta dengan tujuan merubah nasib mereka, walaupun yang dipertaruhkan ialah cinta dan kekasih. Lalu semua hanyalah masalah waktu, pulang atau lupa, pulang dan kembali. 
Bisa dibilang ini adalah kisah nyata yang terjadi pada era tersebut.
Saat ini rajut rindu dapat didengarkan di berbagai gerai digital.



author: OLAN