Selamat datang di www.bilikbersenyawa.com, ikuti juga sub platform kami yang lain, Klik Link

HARI MUSIK SEDUNIA: NONA SEPATU KACA RILIS SINGLE BARU “SAJAK DAN RETORIKA” UNTUK SOE HOK GIE



Setelah menyelesaikan Central Java Satellite Tour yang ditutup di Kota Semarang pada medio Agustus 2018 kemarin, setahun berselang bertepatan dengan Hari Musik Sedunia, Jumat 21 Juni 2019, Nona Sepatu Kaca (NSK) melepas single terbarunya berjudul “Sajak dan Retorika”. Single ini dilepas dengan suguhan Live Session terbaru mereka dengan konsep dan format video yang lebih menarik.

Bekerjasama dengan Continental cs sebagai video producer, live session  “Sajak dan Retorika”  dilangsungkan di Jogja Audio School. Uniknya lagu ini belum dirilis  secara format audio, artinya keseluruhan proses dalam lagu ini benar-benar dilakukan secara live dan tanpa editting sound seperti pada recording audio pada umumnya, oleh karenanya jika didengarkan seksama maka akan ada banyak hal berbau “live” yang akan terdengar.

"Untuk single Sajak dan Retorika kali ini, kami beranikan untuk dilepas dengan audio live, sebagai tantangan untuk kami sendiri karena sekarang band-band tidak hanya dituntut bagus dalam hasil recording saja, namun juga secara live ." Ujar Donata , vokalis dari Nona Sepatu Kaca.

Single ini sendiri mengambil setting tahun 60’an, masa ketika aktivis Soe Hok Gie hidup dan berkarya. Soe Hok Gie atau akrab dipanggil Gie adalah seorang aktivis Indonesia Tionghoa yang menentang kediktatoran berturut-turut dari Presiden Soekarno dan Soeharto. Gie juga dikenal sebagai sosok mahasiswa, dosen, dan penulis yang cerdas dan berani. Single ini berusaha sedikit banyak untuk menceritakan kondisi dan peristiwa pada masa itu, dengan Single ini pula NSK berupaya masuk kedalam “mesin waktu” untuk kembali ke zaman tersebut untuk menyaksikan dan ikut merasakan bagaimana zaman itu berjalan.

"Diksi yang kami pilih, kami upayakan se-relevan mungkin dengan tahun 60'an, untuk menjaga dan menuntun para pendengar untuk bisa kami bawa seakan-akan berada di zaman yang sama ketika Gie hidup". Pungas Agung gitaris sekaligus pencipta Single ini. Setelah single ini, NSK juga telah menyiapkan Video Clip untuk Single berikutnya. "Kami ingin segera menggenapkan beberapa lagu untuk album, semua masih dalam proses, dan bulan depan kami akan segera kembali merekam beberapa lagu, mohon doa semoga lancar" ucap agung. (Ad)



Penulis
A. Darmawan