Friday, July 24, 2020

8 SKENA-QUEEN VERSI BILIK BERSENYAWA


Berbicara tentang dunia kreatif, sorotan pasti tentang apa yang dibuat. Sekarang, sesekali kita soroti cewek-cewek sakti mandraguna dengan kreatifitasnya! Gak ngomongin gender yak, tapi karena lagi pengen nyorotin cewe-cewe asli provinsi kita, yang luar biasa dan ga pernah mentok dalam berkegiatan. Lets we call our “Skenaqueen.”

Oiya, Skena-Queen sendiri, kata skena diambil dari kata scene, yang punya makna mewakili sub-culture movement masing-masing. Ada yang jadi fotografer, musisi, videografer, seniman gambar, apapun itu, yang mempersoal hubungan kontribusi kreatifitas yang mereka lalukan untuk meramaikan industri kreatif baik lokal atau nasional.Kali ini kita mau apresiasi mereka dengan kenalin mereka ke kalian.
Penasaran? Lezgow cekdizot genkz!


1. @iinbolu

Nur Inayah atau yang dikenal sebagai Iin, adalah seorang creative director berasal dari Martapura. Selama berproses, tak hanya menghasilkan karya videografi, Iin juga beberapa kali terlibat pembuatan film, baik lokal maupun selama doi pendidikan di kota Malang. 
Karya-karyanya juga bisa kalian lihat di akun @monuma.lab . Bilik Bersenyawa juga pernah berkegiatan bareng Iin sebagai pemateri workshop, beberapa tahun lalu. Iin juga terlibat di organisasi non profit Mimpi Anak Meratus. Salute buat Iin 👏


2. @citra_hernadi

Yang ini kita baru kenalan kemarin genkz. Banyak yang rekomendasikan Citra sebagai salah 1 skena-queen di scene fotografer. Rasanya pantas kita sematkan, karna beberapa hasil karyanya, dipajang di akun instagramnya genkz. 
Mbak Citra, yang berdomisili di Banjarbaru ini, menggeluti genre Macro & Landscape Photography. Dari kawasan daerah Kal-Sel sendiri, sampai ke beberapa daerah Indonesia. Adem deh mandanginnya. Mandangin hasil jepretannya ya. Check aja genkz!


3. @vaniahsy

Kalau yang sudah follow kita dari lama, sudah pasti tak asing sama wajah doi. Karna Vania adalah emaknya anak-anak, sekaligus founder Bilik Bersenyawa. Vania berkontribusi di banyak kegiatan kita tahun lalu. Doi juga menggeluti bidang visual art dan tergabung di beberapa komunitas visual art lokal. Karya-karyanya juga pernah terpampang di beberapa kegiatan kita. 
Sayangnya cewe jebolan Gudskul ini sekarang kerja di daerah Jakarta genkz. Doi disana juga nyambil kerja bareng sama Esports & Gaming Media. (Emak macam apa yang ninggalin anak-anaknya, hmm)


4. @sarahmorgue

Metalhead banua pasti kenal sama Kak Sarah. Yap, doi adalah vokalis dari band Metalcore dari Banjarbaru, New Day Is Over. Kegaharan kak Sarah sudah gak usah ditanya lagi genkz, karna New Day Is Over  sendiriadalah band metal yang berdiri sejak 2006, dan sudah banyak manggung di gigs sampai acara-acara bergengsi seperti Hellprint dan jadi nominasi W.O.A Metal Battle Indonesia. 
Gak cuman punya project band metal, doi juga punya sisi kalem loh, sebagai vokalis di project band pop akustiknya, yang sering ngisi di berbagai event-event lokal genkz. 


5. @agseisa

Agseisa atau yang sering dikenal sebagai Age, sebenarnya gak perlu kita kenalin lagi ya. Sudah pasti, hampir semua dari kalian kenal sama doi. Prestasinya dalam bernyanyi sudah gak kehitung dah, gak sanggup kalkulator admin ngitunginnya. Sampai terakhir, doi jadi 10 nominasi penyanyi di ajang pencarian bakat tersohor genkz! Wuih!
Sekarang, doi juga nyibukin diri jadi announcer/penyiar di salah 1 radio swasta lokal. Selain itu, Age juga mulai fokus bikin konten di channel youtube nya sendiri. Lezgow berkunjung ke channel doi genkz, link nya ada di bio nya.


6. @tytae_djamal

Selain Vania, Tytae juga kita rasa cocok kita daulat sebagai Skena-queen genkz. Kontribusi beliau di scene seni rupa sudah cukup banyak. Jalan bareng kawan-kawan @bartiast_ , doi sudah banyak bikin kelas, sesi sharing dan pameran-pameran karya penggiat seni rupa lokal. Bilik Bersenyawa juga beberapa kali berkolaborasi dengan kawan-kawan @bartiast_
Tytae sendiri menjadi koordinator di Bartiast. Selain hobi menggambar & sibuk ngurusin kawan-kawan di komunitas, Tytae juga punya project creative visual @nara.lab . Multitalent juga nih mbaknya ya. Yok kenalan sama doi.


7. @dahliahardie

Dahlia Hardie adalah seorang Brand Identity Designer. Gak banyak admin tau sih tentang doi, karna kuliahnya doi jauh. Masa iya kita harus nyusul doi yang berkuliah di College of DuPage, Chicago, USA , heheh.
Dahlia juga pernah hadir sebagai pemateri di kegiatan Bilik Bersenyawa tahun lalu genkz, seru dah sharing session bareng doi.
Buat kalian yang punya bisnis atau branding product usaha, bisa tuh, konsultasi sama Dahlia genkz. Pasti cepet dah nyerapnya, kalau dibilangin sama doi.


8. @anitaalbertine_

Yang terakhir, yang paling muda, posisinya diisi sama Anita. Selain jadi model, doi sempat menjajal peran di beberapa film lokal, salah 1 nya film Blooder.
Nah, gak tanggung-tanggung mempelajari seni peran, Anita sekarang hijrah & tinggal di daerah Jakarta, untuk fokus mendalami seni peran.
Mengawali karirnya, doi sudah membintangi beberapa FTV & sinetron loh genkz. Keren kan genkz. Semoga sukses memperjuangkan passionnya yak, Nit.


Itu tadi genkz, Skena-queen versi kita.
Pastinya banyak lagi srikandi-srikandi lokal yang berjuang dengan passion nya. Salute buat mereka 👏 .
Jangan berhenti torehkan karya ya genkz!


author: OLAN