Friday, December 13, 2019

DESAINER GRAFIS "KOLORAN", MENGHASILKAN DOLAR


Di era globalisasi sekarang, kita begitu dimanjakan dengan fasilitas yang memudahkan kita menjangkau dunia luar. Hal seperti ini tidak menjadikan alasan untuk kita "tidak bisa survive" dalam bidang visual art. Muhammad Ardi salah satu graphic designer dari Banjarmasin  mampu menghasilkan dolar dari hobi yang ia geluti yaitu dibidang visual art.

Memanfaatkan "kemudahan" yang telah diberikan di era globalisasi Muhammad Ardi berselancar berburu dolar di website Fiverr.com sebagai graphic designer. Fiverr adalah situs yang menyediakan jual beli jasa desain, yang bisa diakses oleh siapapun di penjuru dunia melalui internet. Oleh karena itu pembayaran yang dilakukan di Fiverr menggunakan mata uang Dollar AS. Tranaksi pembayaran dilakukan dengan paypal

Ardi mulai benar-benar fokus di dunia fiverr setelah ia menyelesaikan kuliahnya. Sempat mendapat pertentangan dari orang tua terkait pekerjaan yang ia geluti, tapi Ardi dapat meyakinkan orang tuanya dengan membuktikan ia bisa "survive".  Ardi mampu menghasilan 600 hingga 800 Dollar As dalam per bulan

Disinggung terkait suka duka menjadi graphic designer, khususnya dengan klien dari berbagai negara. Ardi mengungkapkan sukanya memiliki klien luar lebih menghargai dengan mau membayar "lebih" dibanding klien dalam negeri. Bekerjanya pun bisa fleksibel di mana saja dan menggunakan pakaian apa saja. Sedangkan dukanya ia terpaksa menjadi "nocturnal" karena jam kerjanya harus menyesuaikan waktu dengan klien luar. Dimana normalnya adalah jam istirahat tapi ia harus tetap terjaga untuk menghadapi klien.

Ia berharap ke teman-teman lain yang juga menggeluti bidang sama dengannya untuk tetap fokus dengan apa yang dilakukan tidak perlu banyak mengeluh dan bisa memanfaatkan platform-platform penunjang pekerja seni dalam menjual jasa dan karya mereka.

Portofolio karya dari Ardi bisa kalian liat di fiverr miliknya di https://www.fiverr.com/ardi25




Penulis
Putra Bagoes