Saturday, June 22, 2019

CARA SEKUMPUL TEATER MENGHIDUPKAN SENI TEATER DI BANJARMASIN



Sekumpul Teater X Bilik Bersenyawa mengadakan acara diskusi perihal perkembangan teater di Banjarmasin bersama komunitas-komunitas Teater, UKM, dan beberapa tokoh masyarakat yang juga aktif di bidang teater. Acara yang berlangsung di Hello Café ini kebanyakan membahas tentang cara pengemasan Teater, kurangnya edukasi terhadap masyarakat yang menganggap bahwa teater hanya terkungkung oleh sekat-sekat panggung hiburan, lighting, dan tata musik yang rapi. padahal teater bisa bersifat fleksibel, segala hal dapat dijadikan panggung, bahkan dengan kondisi yang minimum, dan hal-hal seperti itu yang harus lebih digalakan. Memasyarakatkan teater dalam ranah publik harus dapat dilakukan dengan lebih menarik, tujuannya agar, penikmat lebih memahami tentang seni teater itu sendiri.

Acara yang berlangsung kurang lebih 3jam itu dipandu oleh Ryan, sebagai moderator dan pemantik adalah Angga dan Maulan. Acara diskusi ini menjadi menarik karena konsep yang dibawakan tidak bersifat menggurui, semua tamu yang diundang diajak untuk ikut berbicara tentang bagaimana pemahaman-pemahaman mereka terhadap seni teater, selain bersifat argumen, para tamu juga diajak untuk memberikan opini-opini, saran, dan cara bagaimana agar seni teater lebih hidup di masyarakat.

Imbas dari acara ini adalah semua  aspek kesenian diharapkan melebur menjadi satu, tidak hanya satu aspek kesenian saja yang menonjol, karena teater adalah seni yang berssifat kompleks, maksudnya semua unsur kesenian dapat diletakan di sana, dari musik, tata rupa, gerak, dan seni visual artistik.






Penulis
Maulan Rifani