Saturday, April 20, 2019

PRIADI HEFNI: SENI EDUKASI, MENGEDUKASI SENI



Beberapa tahun kuliah di Yogyakarta, sangat mempengaruhi pola pikir dan karakter menggambar dari Hefni Priadi ( biasa dipanggil Eef ). Pria lulusan salah satu kampus di Yogyakarta ini mengaku menekuni artwork digital sejak lulus SMK. Berawal dari hobi menggambar di kertas atau membuat mural di tembok, Eef mantap mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Seni Rupa & Desain Yogyakarta dari tahun 2013.

Sekarang Eef dan beberapa kawan-kawan seniman art visual lain membentuk tim yang dinamakan Kune. (@kune.studio) . Sebagai gambar & branding pertama, mereka membuat sebuah mural di daerah jalan S. Parman. "Kune diharap tidak saja dibuat untuk project komersil tiap anggotanya, seperti membuat mural di cafĂ©, hotel, kantor, dll, tapi kami berharap bisa sharing & mengedukasi seputar visual art kepada klien & masyarakat” tambah Eef.

Eef  berharap, Banjarmasin bisa semakin maju dari seni visual nya. Bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti poster, baliho dan sign lainnya yang terpampang di jalan, visualnya harus lebih kreatif & dibuat lebih menarik lagi. Eef juga menambahkan, untuk seniman visulnya pun harus punya karakter yang kuat, agar bisa bersaing dengan karya-karya lain. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan sering cari tau info seputar seni visual, agar bisa ke trigger dan terpacu untuk berkembang lagi. Dan yang terpenting adalah jangan pernah minder dengan karya sendiri, karna menurutnya, orang tidak berhak mencela karya kita. Eef juga sangat terbuka buat siapa saja yang ingin sharing ke Kune ataupun ke dirinya seputar seni visual.

(instagram.com/priadi.hefni)

Eef sendiri senang gaya desain yang cenderung ke psychedelia. Itu dapat terlihat dari beberapa karyanya yang kemarin sempat di pajang di acara Emotional, dengan warna cerah, mencolok dan high contrast. Saat ditanya apakah dengan mengkonsumsi “anu” bisa lebih banyak mendapatkan inspirasi, dia hanya tertawa, dan bilang lebih enak buat rame-rame saat ngumpul, ketimbang harus menggunakannya  saat mencari inspirasi. Hee..

(instagram.com/priadi.hefni)