Friday, January 11, 2019

KRONOLOGIS MANTUL !





Kronologis Mantul!

Menyapa seorang rapper muda di sekitaran warung pinggiran Pasar Lama. Kupluk orange menjadi ciri ketika melihat dari kejauhan. Sambil duduk menyeruput kopi sachet dan rokok sebatang, dia terlihat ramah dan murah tawa. Yah itu dia, Muclles si pelantun lagu hip-hop dengan beat trap yang sedang menyalakan api karirnya di Banjarmasin.

Rapper ramah-tamah ini memulai karirnya dengan merilis lagu “Siap” dan “Era Sosial” yang menggunakan media Youtube sebagai penetrasi ke masyarakat. Muclles memilih Youtube sebagai meriam pertama untuk mendentumkan musiknya karena dia mengemas musik sebagai komoditas audio visual yang saling melengkapi, gampangnya lirik yang disampaikan mendapat dopping dengan visual yang memperkuat pesan. Dinaungi Southern Company sebagai rumah kolektif Muclles dan kawan-kawan, di akhir 2018 dia berhasil lagi melakukan manuver di Youtube dengan merilis video klip lagu berjudul “Mantul”.

Lagu “Mantul” lahir berdasarkan kekesalan Muclles terhadap lingkungan pertemanannya sendiri. Dia melihat dan mengkritisi seseorang yang terpaksa hilang akal sehat akibat terlalu mengejar kekasihnya. Hilang akal sehat? Yah bias dikatakan menjadi makhluk irrasional dengan sikapnya, melupakan teman, rela mengorbankan segalanya untuk si kekasih, walaupun di akhir cerita harus rela dimanfaatkan sedemikian rupa oleh pasangannya.

Oh iya, pasti langsung terngiang bukan kalau Mantul merupakan akronim slang dari Mantap Betul? Yap benar sekali, namun tidak itu saja makna yang dibawa oleh Muclles. Mantul menjadi dua makna, sebagai akronim mantap betul dan sebagai kata mantul di dalam bahasa banjar yang berarti mental (terpental)! Yap, mental karena akibat hilang akal sehat akibat fanatik dengan kekasihnya, mental semua tentang kritik dan saran dari lingkungan sosialnya. Mantul, mantul, mantul!

Video ini memakan waktu penggarapan selama lima hari yang seharusnya di garap di awal bulan Desember 2018, eh malah keteteran karena konflik internal. Wahyu Future Prod. turun tangan menghandle teknik perekaman gambar bergerak “Mantul”.  Sedangkan naskah cerita dibantu oleh kawan Muclles, Iqbal Wardana yang kreatif dan minimalis menyusun siasat di video ini.
Muclles melalui “Mantul” ingin menunjukkan dan menyampaikan pesan untuk kita-kita yang ada di Banjarmasin, selalu merawat akal sehat ketika sedang menyukai seseorang, karena cinta bukan melulu masalah pasangan hidup, banyak yang harusnya bisa menjadi konsen yang lebih bermanfaat.

Sepakat cles! Jatuh cinta boleh, jatuh nalar jangan!





Teks: Syah Ryan Anwari